Begini 5 Cara Agar Tak Tekor setelah Lebaran

Ilustrasi uang rupiah (Dok/(JIBI/Solopos)
Cara Tips - Momen Lebaran banyak orang membelanjakan uang dalam jumlah besar. Pengeluaran seseorang akan lebih besar dari bulan lainnya dengan keperluan beragam yakni makanan, pakaian, biaya mudik, atau memberikan THR bagi sanak famili.
Bagi karyawan, pengeluaran pada momen lebaran sebenarnya bisa ditutupi dengan THR sehingga seharusnya tidak terlalu membawa banyak masalah. Apalagi jika kebutuhan lebaran ini sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Namun, tidak sedikit orang yang justru mengalami masalah keuangan. Hal ini biasanya terjadi justru setelah bulan ramadan usai. Banyak orang yang mengeluarkan terlalu banyak uang di atas THR yang diterimanya. Pada akhirnya justru harus menggunakan gaji bulanan. Padahal, gaji ini seharusnya dialokasikan untuk kebutuhan hidup di bulan selanjutnya.
Bagaimana agar tidak mengalami bencana keuangan setelah lebaran? Perencana keuangan Pandji Harsanto memberikan beberapa tipsnya seperti dikabarkan Bisnis.com, Minggu (3/7/2016):
Buat Daftar Menu Selama Bulan Puasa
Buatlah daftar pengeluaran bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan selama satu bulan. Hal ini penting agar tidak terjadi pengeluaran mubazir terutama untuk kebutuhan perut.
Usahakan Tidak Berbelanja Saat Lapar
Saat berbelanja usahakan dalam kondisi kenyang. Saat lapar, aktivitas belanja akan cenderung berlebihan. “Saya istilahkan dengan belanja karena lapar mata saja,” katanya.
Batasi Penggunaan Kartu Kredit
Harus dipahami fungsi kartu kredit untuk memudahkan alat pembayaran, bukan sebagai tambahan penghasilan. Jika memang sudah berniat untuk berbelanja lebih pada saat Ramadan, Pandji menyarankan menabung terlebih dahulu pada bulan-bulan sebelumnya.
Batasi Berbuka Puasa di Luar Rumah
Kebiasaan berbuka puasa di luar rumah terutama di restoran akan lebih konsumtif. Pasalnya, saat berbuka di luar biasanya mata kita juga akan tertarik ke tempat belanja lainnya. Apalagi menjelang lebaran biasanya banyak pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon menggiurkan.
Hilangkan Kebiasaan Konsumtif
Kebiasaan mengganti barang barang lama dengan yang terbaru sudah mendarah daging dalam masyarakat. Menjelang lebaran banyak orang rela menggelontorkan uang untuk membeli barang-barang seperti gorden baru, TV, gadget, atau bahkan mengganti kendaraan baru.

 
CLOSE ADS
CLOSE ADS