Cara Serta Tips Membersihkan Kamar Mandi Secara Menyeluruh


Cara Tips - Kamar mandi adalah salah satu area rumah yang rentan kotor dengan cepat. Maka itu Anda harus membersihkan secara rutin dan menyeluruh, apalagi di detik-detik jelang hari raya seperti sekarang ini. Tidak hanya agar terhindar dari segala kuman penyakit, dengan membersihkannya, kamar mandi pun akan tampak lebih cerah.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips jitu untuk membersihkan kamar mandi secara menyuluruh. Ikuti petunjuk ini sampai habis ya Urbanites!

Kloset
Kamar Mandi
Bisa dibilang kloset merupakan area yang menyimpan paling banyak kotoran dan kuman. Maka itu, prioritaskan untuk membersihkannya pertama kali agar kotoran tidak menyebar setelah seluruh ruangan sudah bersih.
  • Untuk kloset jongkok, Anda cukup menuangkan produk pembersih kamar toilet di pinggirannya serta cekungan dalamnya. Biarkan beberapa saat lalu sikat sampai bersih dan kemudian siram dengan air.
  • Jika kloset di rumah bentuknya duduk, pertama-tama bersihkan bagian dalamnya seperti langkah membersihkan toilet jongkok. Anda bisa mengulang proses pembersihan hingga hasilnya dirasa maksimal. Jika terdapat noda membandel dan warna toilet yang menguning, gunakanlah pemutih baju yang dituangkan di permukaan atas mangkuk kloset, tutup bagian dudukannya, diamkan beberapa saat. Setelah itu sikat sebentar dan siram dengan menggunakan shower.
  • Untuk bagian luar kloset duduk, gunakan disinfektan dan spons untuk membersihkannya. Setelah itu, lap seluruh permukaannya menggunakan kain. Anda juga bisa membersihkannya dengan sabun mandi dan sikat kamar mandi.
Wastafel
Kamar Mandi
  • Wastafel di kamar mandi sangat mudah dibersihkan karena tidak memiliki bentuk yang macam-macam. Anda cukup membersihkannya dengan sabun mandi atau cairan khusus kamar mandi. Setelah menuangkannya, gosok-gosok seluruh permukaan dengan sikat halus atau sikat gigi bekas. Setelah itu, basuh lalu keringkan.
  • Jika terjadi kerak pada wastafel, hilangkan dengan menggunakan air panas. Caranya, tutup sumbat wastafel tuangkan air panas ke dalamnya lalu diamkan hingga suhunya turun.
Tempat Mandi
Kamar Mandi
  • Area mandi, baik itu di lantai, area shower, atau bathtub biasanya lebih licin dibandingkan area-area lantai lainnya. Sebab daerah tersebut sering terpapar busa sabun mandi atau sampo. Anda bisa membersihkannya dengan pembersih kamar mandi seperti karbol atau sabun cuci lainnya. Gosok dengan menggunakan sikat bergagang panjang, agar tenaga untuk menggosok lebih kuat.
  • Untuk area mandi yang bawahnya terbuat dari lantai, hindari penggunaan pembersih yang mengandung zat asam. Nat keramik yang terbuat dari semen akan mengalami korosi sehingga dalam jangka waktu lama akan terkikis dan bolong.
  • Di area tersebut kerap ditemukan banyak rambut yang rontok. Bersihkan gumpalan rambut yang menutup saluran air dengan menggunakan tisu. Angkat rambut-rambut tersebut lalu buang ke tempat sampah.
Cermin
Kamar Mandi
Embun serta uap air yang berada di dalam kamar mandi kerap membuat cermin di dalamnya cepat berjamur. Sabun pun kerap meninggalkan noda membandel pada permukaannya. Untuk itu, bersihkan permukaan cermin kaca dengan lap atau handuk yang sebelumnya dibasahi dengan campuran air dan cuka. Usap-usap permukaan cermin hingga dirasa sudah berkilau, bilas dengan air, lalu keringkan dengan lap.
Saluran Air
Kamar Mandi
Untuk mencegah saluran air di lantai atau wastafel tersumbat, bersihkan dengan cara menyodok dan memancing kotoran atau memasukkan campuran bubuk soda kue dan cuka serta air hangat ke dalamnya. Larutan tersebut berfungsi menghancurkan kotoran-kotoran yang menggumpal di dalamnya.
Bagian Lainnya
Kamar Mandi
Bagian-bagia lainnya di kamar mandi seperti alat-alat mandi serta rak penyimpanannya pun jangan sampai lupa untuk dibersihkan. Anda hanya perlu membilasnya dengan air lalu mengeringkannya. Untuk tampilan yang menarik, Anda bisa menempatkan vas berisikan bunga segar di atas rak tersebut.
Bahan Alami
Kamar Mandi
Selalu ada cara serta bahan alternatif untuk membersihkan kamar mandi Anda, salah satunya adalah dengan mengunakan bahan-bahan yang tak beracun. Selain aman, harganya pun tentu lebih murah dibandingkan membeli produk pembersih yang ada di pasaran. Beberapa bahan yang bisa digunakan adalah soda kue dan cuka yang ampuh untuk mengangkat kotoran.
Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda Urbanites! Jangan lupa, terus kunjungi blog UrbanIndo serta Forum Komunitas UrbanIndo untuk mendapatkan info menarik lainnya. Share artikel bermanfaat ini juga yuk ke media sosial Anda.
 
CLOSE ADS
CLOSE ADS