Simak! Ini 5 Cara Ampuh Usir Kantuk Saat Nyetir Mobil


Ilustrasi mengantuk ketika mengemudi. (Edmunds.com)
Cara Tips - Perjalanan jauh dengan kondisi jalan macet selama mudik Lebaran tidak jarang membuat pengemudi mobil mengantuk dan kehilangan konsentrasi yang tentunya dapat berakibat fatal. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengikuti tips otomotif berikut ini.
Dihimpun Solopos.com dari laman Carbuzz, Minggu (3/7/2016), berikut ini adalah tips supaya pengemudi mobil dapat terhindar dari kantuk selama perjalanan.
Konsumsi Kafein
Tips pertama, sebelum berangkat ada baiknya pengemudi mengonsumsi kafein yang bisa didapat dari kopi maupun minuman berenergi. Tetapi apabila tidak menyukai keduanya, teh hijau (green tea) juga bisa menjadi pilihan. Umumnya efek kafein baru muncul 15 menit setelah dikonsumsi.

Kunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet terbukti ampuh menjaga konsentrasi karena membuat mulut terus beraktivitas. Efeknya akan lebih maksimal apabila selama mengunyah, bagian langit-langit rongga mulut disentuh dengan lidah hingga terasa geli.
Dengarkan Musik
Selain dengan makanan dan minuman, rasa kantuk juga dapat diusir dengan meningkatkan rangsangan pada indra pendengaran, yakni mendengarkan musik. Tetapi pastikan musik yang diputar memiliki tempo cepat atau up beat.
Hirup Udara Segar
Tips berikutnya untuk mengusir kantuk selama perjalanan adalah dengan membuka jendela mobil dan menghirup udara segar. Atur pula ritme pernapasan supaya lebih rileks dan pikiran lebih jernih. Tetapi jangan membuka jendela apabila banyak asap atau cuaca sedang hujan.
Tidur
Apabila kantuk benar-benar tidak tertahankan, langkah terakhir sekaligus yang paling manjur adalah tidur. Carilah rest area, stasiun pengisian bahan bakar, masjid, atau tempat yang aman lainnya untuk beristirahat.
 
CLOSE ADS
CLOSE ADS