Tips: Cara Hindari Penyakit Saat Mudik Lebaran


 Cara Tips - Bagi Anda yang mudik menggunakan jasa transportasi umum seperti bus, kapal feri, maupun kereta pasti membutuhkan tenaga lebih untuk mengangkat barang Anda ke kampung halaman. Belum lagi perjalanan jauh membutuhkan tenaga dan kondisi tubuh harus fit.
Profesor Anies M.Kes dari Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Diponegoro, dalam bukunya ‘Sehat dan Bugar selama Puasa Ramadhan & Lebaran’ mengungkapkan, istirahat yang tidak cukup, konsumsi makanan yang kurang memadai, serta kelelahan dapat menurunkan daya tahan tubuh.


Stamina dan sistem imun tubuh yang kian menurun memudahkan para pemudik ini teserang penyakit. Sehingga tidak jarang banyak orang yang terdeteksi penyakit tifoid (tifus) beberapa hari setelah lebaran.
Tak hanya masalah penyakit tifus saja, Prof. Anies menyebutkan banyak kunjungan pasien ke dokter disertai dengan keluhan saluran pernafasan akut hingga gangguan sistem pencernaan, misalnya saja diare.
Untuk menghindari kemungkinan penyakit yang mengancam, pastikan Anda tidur senyenyak mungkin dalam perjalanan, serta jangan lupa membawa perlengkapan obat-obatan.
 
CLOSE ADS
CLOSE ADS