Tips Cara Memilih Gitar Yang Baik Ala Riko Mocca

Cara Tips - Artikel ini khusus buat kamu-kamu yang mungkin THR nya belum habis dipake buat liburan dan juga buat gitaris band yang pengen beli gitar.
Tahu kan, kalo udah di toko musik atau belanja online, ketika kamu udah dihadepin sama sebegitu banyak pilihan gitar pasti dijamin tuh pala pasti pada pening, bingung pengen pilih yang mana. Ngaku gak? hehehehe
Nah, kali ini MBDC khusus mengundang gitaris Mocca, Riko yang menurut kami kalo urusan pilah pilih gitar, doi mamangnye deh.
Gak percaya? Tanya aja sir Dandy,

Gitaris yang dikenal sering memakai gitar hollowbody ini punya 11 gitar elektrik dan 2 gitar akustik (wuih, banyak juga ya). Meski ukuran banyak sedikitnya gitar gak jadi ukuran seseorang bisa nentuin mana gitar yang bagus, namun banyaknya jam terbang baik di panggung dan di studio membuat kami pengen tahu gimana sih tips Riko dalam memilih gitar? Nah, berikut penjelasannya.

1. Kenyamanan



kalo mau beli gitar emang kudu dicobain dulu
https://pbs.twimg.com
Pertama cek neck nya. Neck nya pas gak buat selera, lalu body nya gimana? Terlalu berat kah? Terlalu besar kah? Harus yang bener-bener "dipeluk" kalau mau ngebuktiin kenyamannya. Coba juga maen gitarnya Cobain posisi duduk, berdiri Ngaca kalo perlu. Pas gak ama proporsi badan.

2. Sesuaikan Dengan Jenis Musik



contoh gitar single coil, gak cocok buat main musik metal
http://www.12fret.com/
Jenis musik yang kamu suka jelas menentukan gitar apa yang kamu pilih. Misal kalo suka musiknya metal, bisa beli yang pickupnya high gain, jangan yang single coil, kayak nya susah deh.

3. Lihat Budget



dompet kosong mau beli gitar? Mending isi dulu sana
http://media.viva.co.id/
Ini penting. Gitar gak harus mahal, yg penting nyaman dan cocok dengan jenis musik yang dimainin. Banyak gitar buatan Indonesia, asli merk sini atau lisensi luar yang dibuat di indonesia yang harganya gak mahal. Gitar dari harga 700 ribu-2 juta juga banyak yang bagus. Gitar seken banyak bertebaran di online. Oiya, soal gitar seken dan online, kadang itu gak tahu asli atau gak, bagus atau gak, gimana cara tahunya, nah pengetahuan ttg gitar harus diperluas, Bisa browsing atau cari 'Luthier' yang bisa ditanya. (Luthier itu tukang yang bikin atau reparasi instrumen petik). Dan yang terpenting dari online, ya gak yakin dengan gitarnya, harus ketemu dan nyobain dulu.

4. Warna dan Bentuknya



Ayo pilih gitar yang mana?
http://oliviasvintageguitars.com/
Yang ini mungkin selera pribadi si gitaris. Karena itu menentukan karakter dia. Seorang gitaris mungkin gak jadi beli gitar yang bentuknya pas kalo warnanya gak ada yang diinginkan. Yang ada warna hitam, padahal doi suka putih. BIsa sih dicat, tapi balik lagi ke poin 2, masalah budget. Ada gak budgetnya?

5. Perawatannya



boleh gak aku rawat kamu, eh, maksudnya gitarmu?
Phttp://www.hdwallpapersin.com/
Gitar vintage lebih repot perawatannya. Kayunya sih keren udah jadi dan mateng tapi biasanya kabel dan per-elektronikan di dalemnya sering bermasalah. mulai dari kabel yang rapuh, dsb. Itu keluar budget lagi, kembali ke poin 3. Gitar baru yang pakai tremolo floyd rose, itu ganti senar nya rada ribet..apakah bisa di kerjakan sendiri atau minta tolong ke temen? Pokoknya jangan sampai pas konser, gitarnya bermasalah, entah noise atau gak nyala karena lepas solderan. Masalah tuning juga. Percuma klo punya gitar puluhan juta tp gak bisa nge tune gitar nya
Nah, itu kurang lebih 5 tips dari Riko Mocca soal gimana cara memilih gitar yang pas buat kamu. Sampai jumpa ya di tips-tips selanjutnya. Ini MBDC kasih satu yang keren dari Mocca,
 
CLOSE ADS
CLOSE ADS